Betapa Beratnya Tanggung Jawab Suami Setelah Ijab Qabul Terucap !!

Ijab qabul adalah lafadz yang disampaikan oleh orangtua
atau wali dari pihak wanita untuk menikahkannya dengan calon mempelai pria. Didalam ijab qabul ini ada janji dari suami serta istri untuk membina rumah tangga yang sesuai sama syariat Islam.


Banyak golongan pria yang terasa gugup waktu akan mengatakan ijab kabul ini walau telah pernah berlatih dari jauh-jauh hari. Ada kelegaan sendiri jika apabila mengatakan ijab qabul ini dengan lancar. Sesudah hal itu usai dikerjakan, jadi telah sah lah mereka jadi pasangan suami serta istri.

Walau tampak gampang untuk disampaikan, tetapi nyatanya begitu berat tanggung jawab yang perlu dipikul suami sesudah mengatakannya. Lantas tanggung jawab yang bagaimana yang bakal dipikul suami sesudah terucapnya ijab qabul? Di bawah ini info selengkapnya.

Ijab qabul jadi hal yang begitu utama dalam satu prosesi pernikahan golongan muslim. Demikian utamanya hal itu, sampai Allah SWT memakai arti `miitsaqan gholiidhan' yang mempunyai makna kesepakatan yang ku4t, k0koh serta teguh.

Ijab qabul mempunyai arti yaitu sang suami bakal menganggung dosa-dosa yang dikerjakan oleh wanita sebagai istrinya. Dosa yang mungkin dikerjakan istri diantaranya tak tutup 4ur4t, meninggalkan sholat serta lain sebagainya. Semuanya yang terkait dengan wanita tersebut tidak lagi dijamin oleh orangtuanya tetapi oleh suaminya tersebut .

Oleh karenanya Rasulullah SAW berpesan pada beberapa suami : “Takutlah pada Allah dalam masalah wanita. Lantaran sebenarnya mereka itu yaitu beberapa orang yang ada dibawah kekuasaan anda, serta diambil mereka itu dengan amanah Allah serta anda dihalalkan menggauli mereka berdasar pada kalimat Allah. ”

Dari hadist diatas diterangkan kalau pernikahan itu bukanlah sekedar hanya untuk penuhi dorongan (keperluan) biologis saja, walau demikian juga melakukan amanah Allah yang bakal dipertanggungjawabkan nantinya diakhir jaman.

Saat suami sukses menggerakkan tanggung jawab itu selepas mengatakan ijab qabul jadi Allah sudah berjanii bakal memberikannya surga yang di dalamnya ada banyak bidadari. Bidadari itu yaitu istrinya yang shalehah.

Bila seseorang suami juga sukses mempertanggung jawabkan semuanya ikrarnya waktu ijab kabul yaitu membina rumah tangga beserta anak-anaknya, jadi Allah bakal menghimpun semua keluarganya didalam surga. Allah Ta’ala berfirman yang berarti :

 " Hai orang-orang yg beriman, peliharalah dirimu & keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya yaitu manusia & batu. ” (At-Tahrim : 6).

Walau demikian bila suami tersebut gagal dalam melakukan janjinya tersebut jadi siksa yang sangat pedih bakal menghampirinya. Rasulullah SAW bersabda “Maka aku adalah suami yang fasik, ingkar serta aku rela masuk neraka, aku rela malaikat menyiksaku sampai h4ncur tubuhku''. (HR. Muslim)

Sekianlah informasi tentang beratnya tanggung jawab suami sesudah ijab qabul. Begitu beratnya beban yang perlu dijamin suami untuk istri serta keluarganya. Oleh karenanya, sebagai seseorang istri sebaiknya selalu menolong memperingan tanggung jawab itu lewat cara taat pada suami serta menggerakkan perintah Allah SWT serta dan menjauhi larangan-Nya. Diluar itu, didiklah buah hati supaya tahu mengenai agama. Hal semacam ini mempunyai tujuan supaya keluarga yang dibina itu jadi keluarga sakinah, mawaddah serta warahmah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Betapa Beratnya Tanggung Jawab Suami Setelah Ijab Qabul Terucap !!"

Posting Komentar