SUDAH KAH ANDA MENYAYI,,ATAU NAPAS ANDA TERLALU PENDEK..!! INI TIPS NYA AGAR SUARA MENJADI BAGUS DAN NAFAS MENJADI PANJANG((ARTIKEL INI TOLONG DI BAGIKAN YA))


Melatih Pernapasan

untuk kamu anda yang mempunyai permasalahan pernapasan dalam bernyanyi, ini nih panduan-nya :

Nafas yang sempurna sangatlah utama berarti untuk seseorang penyanyi. Penguasaan tehnik pernapasan mutlak mesti dipunyai, bila si penyanyi mau berhasil di dunianya. Tetapi, bagaimanakah langkahnya mempunyai nafas yang sempurna?

Nafas, umumnya jadi masalah bila tidak dijaga serta dilatih. Di bawah ini penulis coba berbagi satu diantara panduan untuk melindungi serta memanjangkan pernapasan lewat suatu latihan simpel.

Saat sebelum berlatih, ada satu hal yang butuh di perhatikan. Satu diantara tehnik pernapasan dalam olah vocal yang efisien yaitu tehnik pernapasan perut. Bukanlah pernapasan dada.
Langkah mudah untuk membedakan Nafas Perut serta Nafas Dada yaitu : dalam nafas perut, saat menarik nafas, perut mengembung, sedang dalam nafas dada, saat nafas ditarik, yang mengembung yaitu dada. Mudah kan?

Oke kita mulai berlatih :

Siapkan posisi badan, dapat berdiri atau duduk bersila. Tegakkan punggung/tubuh.

1 Tarik nafas (dengan nafas perut), hitung sampai 10 detik. Pada hitungan ke-10 (detik), perut full mengembung.

2 Hitungan 10 detik selanjutnya, tahan nafas. Dalam posisi perut full mengembung, tahan sampai perut merasa keras. Bisa dicek dengan menepuk-nepuk perut yang mengeras.

3 Hitungan 10 detik selanjutnya, mengeluarkan nafas pelan-pelan lewat mulut. Atur pengeluaran nafas se-efisien mungkin saja hingga hitungan ke-10 (detik). Supaya pengeluaran nafas dapat sehemat mungkin saja, mulut di buka sedikit saja sambil membunyikan ”ceessssss”

4 Selanjutnya, ulangilah latihan ”tarik-tahan-keluar” itu dengan menambahkan durasi saat dengan cara bertahap. Umpamanya, dengan menambahkan per 5 detik, jadi 15, 20, 25, dst. sampai batas saat terlama.

5 Bila dalam satu durasi saat masih tetap di rasa berat…coba diulang sekian kali.

Langkah Melatih Vokal Suara Tinggi
Cara-cara melatih vokal suara tinggi salah satunya yaitu mengubah pola hidup kita yang terkait dengan kualitas nada, seperti bangun pagi-pagi, rajin bersihkan kerongkongan supaya nada selalu jernih, juga membiasakan minum air putih hangat supaya kualitas nada yang dihasilkan oleh pita nada makin bagus.

Latihan pertama bisa dikerjakan dengan menyanyikan lagu yang mempunyai suara rendah, upayakan dalam menyanyi nada bisa keluar dengan terlepas tanpa ada ditahan. Menyanyi dengan suara yang kuat supaya pita nada punya kebiasaan serta melebar, latihan ini dapat dikerjakan kurun waktu yang teratur yakni sehari-hari minimal satu jam.

Latihan setelah itu yaitu dengan menyanyikan tangga suara do, re, mi, fa, sol, la, si dalam suara rendah. Lalu teruskan menyanyikannya pada suara tinggi hingga batas optimal pita nada anda. Ulangilah selalu hingga pita nada jadi elastis serta anda punya kebiasaan.

Bila telah punya kebiasaan dengan suara tinggi, coba untuk mulai menyanyikan lagu dengan suara tinggi serta bernyanyilah hingga nada keras serta terlepas. Awal mulanya mungkin saja anda bakal kesusahan bernyanyi dengan suara tinggi, tetapi latih selalu minimal satu jam satu hari hingga anda punya kebiasaan. Upayakan saat bernyanyi posisi leher dan keadaan tubuh selalu sempurna supaya nada yang dihasilkan bisa maksimal

unsur-unsur tehnik vokal :

1 Artikulasi, yaitu langkah pengucapan kata untuk kata yang baik serta jelas.

2 Pernapasan yaitu usaha untuk hirup udara sebanyak mungkin, lalu disimpan, serta dikeluarkan sedikit untuk sedikit sesuai sama kepentingan.

Pernapasan di bagi tiga jenis, yakni :
Pernapasan Dada : pas untuk nada-nada rendah, penyanyi gampang capek.
Pernapasan Perut : udara cepat habis, kurang pas dipakai dalam menyanyi, lantaran bakal cepat capek.
Pernapasan Diafragma : yaitu pernapasan yang paling pas dipakai untuk menyanyi, lantaran udara yang dipakai bakal gampang diatur penggunaannya, memiliki power serta kestabilan vocal yang baik.

3 Phrasering yaitu : ketentuan pemenggalan kalimat yang baik serta benar hingga gampang dipahami serta sesuai sama kaidah-kaidah yang berlaku.

4 Sikap Tubuh : yaitu posisi tubuh saat seorang tengah nyanyi, dapat sembari duduk, atau berdiri, yang utama saluran pernapasan jangan sempat terganggu.

5 Resonansi yaitu : usaha untuk memperindah nada dengan mefungsikan rongga-rongga hawa yang ikut bervibrasi/bergetar di sekitar mulut serta tenggorokan.

6 Vibrato yaitu : Usaha untuk memperindah suatu lagu lewat cara memberigelombang/nada yang bergetar teratur, umumnya di aplikasikan di tiap-tiap akhir suatu kalimat lagu.

7 Improvisasi yaitu usaha memperindah lagu dengan mengubah/menaikkan beberapa melodi lagu dengan profesional, tanpa ada mengubah melodi pokoknya.

8 Intonasi yaitu tinggi rendahnya satu suara yang perlu dijangkau dengan pas.
Beberapa syarat terbentuknya Intonasi yang baik :
1. Pendengaran yang baik
2. Kontrol pernapasan
3. Rasa musical

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SUDAH KAH ANDA MENYAYI,,ATAU NAPAS ANDA TERLALU PENDEK..!! INI TIPS NYA AGAR SUARA MENJADI BAGUS DAN NAFAS MENJADI PANJANG((ARTIKEL INI TOLONG DI BAGIKAN YA))"

Posting Komentar